Sunday 28 February 2010

diSuperposisi Gelombang

diSuperposisi Gelombang : penjumlahan dua gelombang atau lebih dapat melintasi ruang yang sama tanpa ada ketergantungan satu gelombang dengan yang lain.
Elastisitas medium akan mempengaruhi bentuk gelombang yang dihasilkan.
Jika 2 gelombang merambat dan memiliki frekwensi, panjang gelombang dan amplitudo dapat ditunjukan fungsi masing2 gelombang tersebut.

Dimana dan adalah fase konstan.
Maka resultan fungsi y adalah

Penggabungan gelombang suara

Seperti gambar di samping suara dari loudspeaker S dikirim melalui tabung dari titik P yang merupakan simpangan T, separuh masing2 suara merambat melalui jalur yang berbeda. Maka penerima suara menerima melalui jalur sepanjang lintasan r , perbedaan panjang lintasan tersebut dinyatakan dengan dan n=0,1,2,3,…
Sehingga hubungan antara perbadaan panjang dan sudut phase adalah

Jika perbedaan panjang beragam dari berbagai , maka sudut fhase dan penggabungan tersebut adalah konstruktif, sedang untuk beda lintasan ganjil berbagai adalah dan penggabungan adalah destruktif.
Sehingga perbedaan lintasan tersebut adalah.
konstruktif dan konstruktif.

Contoh: Sepasang speaker dipasang dengan jarak 3m terpisah digerakkan oleh osilator yang sama. pendengar mula-mula pada titik O, yang mana ditempatkan terletak 8 m dari pusat garis menghubungkan para pembicara keduanya. Pendengar kemudian berjalan untuk menunjuk P, yang mana jarak tegaklurus 0,350 m dari O, sebelum mencapai lebih dulu intensitas bunyi;serasi minimum. Berapa frekwensi osilator?

No comments:

Post a Comment